Full Time Blogger

Budi Putra, adalah seorang mantan wartawan tempo,dia memutuskan untuk menjadi seorang Full Time Blogger.dan kini benar-benar menggantungkan hidupnya dengan menjadi blogger. beliau adalah pemilik beberapa situs seperti The Gadget Net, Budi Putra Dot Com, 3G Week, Blog Jurnalisme, dan lain-lain.
butuh keberanian besar untuk membuat keputusan seperti itu.


Terlebih lagi di Indonesia yang Kebanyakan masyarakatnya masih menganggap pekerjaan sebagai karyawan negara/pegawai negeri lebih terhormat daripada pekerjaan lainnya, meskipun gajinya gak seberapa. “Biar sedikit, tapi rutin,” kata orang-orang tua. para orang-orang tua pasti tidak akan mudah menerima kenyataan bahwa blogger adalah sebuah pekerjaan. Padahal, seandainya kita mengelola blog secara profesional, artinya menenerapkan sikap-sikap seorang blogger profesional, bukannya tidak mungkin kita bisa hidup dari blog.


pertanyaanya, “Apakah mungkin hidup dengan blog?
Sekadar cerita, di luar sana – terutama di Amerika – pekerjaan blogger tuh udah umum banget. Bahkan, seseorang gak perlu ragu-ragu lagi mengakui pekerjaannya sebagai blogger pada orang lain. Ryan Avent contohnya. Sama seperti Budi Putra, pemilik Ryanavent Dot Com sekaligus kontributor blog Economist Dot Com dan DCist Dot Com ini keluar dari pekerjaannya dan memutuskan menjadi Full Time Blogger. Mau tau berapa jam kerja dia dalam sehari? Dua jam aja. Dan mau tau berapa jumlah postingan yang ia hasilkan dari kerja selama dua jam itu? Tujuh sampe delapan postingan!! ck..ck..ck!! Itu orang makannya apa ya bisa seproduktif itu?

kisah blogger sukses lain seperti Heather Armstrong. Dia juga merupakan salah satu blogger yang mendapatkan penghasilan dengan menjadi Full Time Blogger. Cerita dimulai pada Februari tahun 2001, ketika Heather mulai membuat sebuah blog yang dia kasih nama Dooce. Di situs itu, Heather menulis liku-liku perjalanan hidupnya sejak belum menikah, mendapat banyak uang sebagai web designer, hingga kehidupannya setelah menikah. Yang menarik, Heather dipecat dari pekerjaannya sebagai web designer pada tahun 2002 karena blog Dooce yang ia buat itu. Masalahnya, dalam blog tersebut Heather membuat postingan-postingan yang melibatkan orang-orang di tempat kerjanya. Ternyata sang bos tahu. Dan sang bos gak suka dengan cara Heather ini. Maka,tanpa ragu-ragu sang juraganpun langsung memecat Heather. Meski begitu, Heather tetap melanjutkan kegiatan ngeblognya secara konsisten. Dan lihat hasilnya sekarang. Dooce menjadi salah satu blog sukses di Amerika. Dalam sebulan ada lebih dari 850.000 pengunjung yang mampir ke blog itu. Dooce kini sanggup membiayai kehidupan Heather Armstrong dan keluarganya. Bahkan ketika suaminya pun keluar dari pekerjaannya, Dooce masih mampu memberikan penghasilan yang tetap.untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Jadi kalo ditanya, apakah bisa mendapatkan penghasilan tetap dari ngeblog? Jawabannya tentu aja bisa. Budi Putra, Ryan Avent, dan Heather Armstrong adalah buktinya. sederet nama lain yang juga sukses menjadi Full Time Blogger seperti Yaro Starak, Darren Rowse, dan John Cow , Tapi kalo ditanya lagi, apakah mudah mendapatkan penghasilan dari blog? Jawabannya relatif, tapi buat saya lebih cenderung tidak mudah. Kenapa gak mudah? Dapetin penghasilan dari blog itu butuh kerja keras. Apalagi untuk dapet penghasilan tetap. Kita dituntut harus bisa membuat tema blog yang bagus, memiliki skill menulis di atas rata-rata, dan membuat postingan secara konsisten. Untuk kamu ketahui, seorang Heather Armstrong baru bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari blogger setelah melalui 4 tahun perjuangan yang berdarah-darah. Yaro Starak, sebelum menjadi Full Time Blogger seperti sekarang, harus rela banting-tulang menulis postingan/artikel berbobot, sampai-sampai dia meninggalkan kuliahnya.
jadi Full Time Blogger memang butuh kerja keras dan keberanian yang ekstra besar.
Apakah anda berminat??

Komentar

Anonim mengatakan…
aku juga mau full time
tapi susah, banyak bingung
entah apa yg dibingungin pun gak tau
halah.. entah apa-apa..
cewe matre mengatakan…
hiy bhydid!